Kontainer Sejuta Dollar Singgah di ITB

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung, pada tanggal 28-30 Januari 2008, menjadi tempat persinggahan terakhir dalam tur trailer senilai satu juta dollar berjuluk Cisco Express - Network on Wheels (NoW) milik perusahaan teknologi jaringan Cisco. Cisco Express merupakan showcase dalam kontainer sepanjang lebih dari 12 meter yang memungkinkan eksplorasi dan interaksi secara langsung para pelanggan cisco dengan solusi teknologi yang dikembangkan perusahaan penyedia switching dan router ini.

Apakah jaringan anda bisa ditembus oleh akses tanpa ijin? Apakah karyawan bisa membawa data bisnis dan daftar pelanggan?  Merupakan beberapa pertanyaan penting seputar sekuriti IT yang coba dijawab melalui demo teknologi dalam showcase ini. Beberapa teknologi terbaru Cisco yang didemonstrasikan dalam trailer senilai satu juta dollar ini antara lain Unified Communications, Security, Mobility, Network Foundation, Data Center, CCRE, Rapid Deployment Communication, IPICS, Physical Security, dan Digital Media Systems.

Unified Communications merupakan teknologi yang meningkatkan fleksibilitas bisnis dengan kemampuannya membantu organisasi dalam mengintegrasikan sistem komunikasi secara lebih dekat dengan proses bisnis, serta memastikan informasi dapat diterima lebih cepat.

Dibidang security, Cisco menawarkan Cisco Self-defending Network. Sebuah teknologi yang dirancang untuk menghadapi ancaman yang terus berkembang sehingga perusahaan dapat mengoperasikan infrastruktur jaringan yang dimilikinya.

Solusi Cisco Mobility menghadirkan keunggulan koneksi yang aman dan layanan terintegrasi untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas sampai meningkatkan pelayanan bagi pelanggan.solusi ini memberikan kemampuan berkolaborasi secara real-time, dengan menggunakan pilihan perangkat serta aplikasi suara, video, instant messaging ataupun email.

Network Foundation merupakan sistem jaringan berupa pondasi dari layanan dan aplikasi dari organisasi untuk menjalankan bisnis yang terwujud dalam perangkat swither, router dan perangkat lunak yang disediakan oleh perusahaan ini.

Rangkaian produk dan aplikasi Cisco IPICS (IP Interoperability Collaboration System) membantu petugas untuk berkomunikasi melalui berbagai perangkat dan jaringan yang sebelumnya tidak bisa saling berbicara satu dengan yang lain, seperti radio, telepon mobile, telepon tetap dan computer.

 Institut Teknologi Bandung merupakan tempat persinggahan kedua Cisco Ekspress di Indonesia setelah sempat mengunjungi Universitas Indonesia. Sebelumnya trailer ini telah tur keliling ke Singapura, Thailand, Filiphina, Malaysia, Vietnam dan Taiwan.


scan for download