Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

21 October 2014
Current weather
23.3 C
Humidity:75 %

Mathematical ChallengeBANDUNG, itb.ac.id - 'Semua di alam semesta memiliki persamaan matematika, hanya saja banyak yang belum terpecahkan', kata Muhamad Lukman, salah satu dari pendiri Pixel People Project, dalam seminar 'Mathematics in Batik Fractal' pada hari Minggu (23/11/08) di Aula Timur ITB

Seminar tersebut merupakan rangkaian acara dari Mathematical Challenge Festival 4 (MCF 4) yang berlangsung pada tanggal 22-23 November 2008. Acara dwitahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika ITB (Himatika) bekerjasama dengan Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika Indonesia (IkaHimatika) ini memiliki lima rangkaian acara, yaitu: Final Lomba Matematika Nasional Tingkat SLTA, Presentasi Lomba Pemodelan Matematika Nasional Tingkat SLTA, dan Seminar Pendidikan mengenai Pengajaran Matematika yang Efektif dan Menarik yang berlangsung pada hari Sabtu (22/11/08) , serta Workshop Pelatihan Software Matematika dan Seminar Aplikasi Matematika dalam Software Pembuatan Batik yang disampaikan oleh Pixel People Project yang berlangsung pada hari Minggu (23/11/08).

Sebelum mencapai tahap final yang diadakan di kampus ITB, para peserta melalui tahap seleksi tingkat daerah terlebih dahulu. Terdapat sembilan perguruan tinggi yang tersebar di delapan provinsi dalam regional tertentu yang menjadi tempat seleksi tingkat daerah. Untuk wilayah Pulau Sumatera dan sekitarnya, seleksi diadakan di provinsi Jambi (IAIN Sulthan Thaha Saifuddin) dan Riau (Universitas Riau). Untuk wilayah Pulau Kalimantan dan sekitarnya, diadakan di provinsi Kalimantan Timur (Universitas Mulawarman dan Universitas Borneo). Untuk wilayah Pulau Jawa dan sekitarnya, diadakan di provinsi Jawa Barat (UIN Sunan Gunung Jati), Banten (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), dan DKI Jakarta (Universitas Kristen Indonesia). Untuk wilayah Pulau Sulawesi, diadakan di provinsi Sulawesi Selatan (Universitas Hasanuddin), kemudian untuk wilayah Papua dan sekitarnya, diadakan di Universitas Cendrawasih.

Pada Workshop Pelatihan Software Matematika yang berlangsung di Laboratorium Komputasi Program Studi Matematika, peserta dilatih untuk menggunakan software Maple 11 yang memudahkan penyelesaikan berbagai persoalan matematika yang kompleks dan menyeluruh. Dibantu oleh tim dari Himatika, peserta diajarkan mulai dari pengenalan software hingga cara penggunaannya.

Para peserta juga diberi pengetahuan yang menarik tentang Aplikasi Matematika dalam Software Pembuatan Batik dalam seminar yang berjudul 'Mathematics in Batik Fractal' yang disampaikan oleh tiga pendiri Pixel People Project, yaitu Muhamad Lukman, Yun Hariadi, dan Nancy Margried

Pixel People Project memperkenalkan software yang dapat menerjemahkan berbagai motif batik nusantara dalam bentuk rumus matematika fractal, yang diberi nama jBatik. Dengan software tersebut, ribuan motif batik dapat dibuat dalam sekejap dengan pola dasar yang sama dengan batik-batik khas Indonesia. Penemuan software tersebut sudah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari ASIA PACIFIC ICT AWARD (APICTA) 2008, UNESCO dan masuk dalam kategori 100 BEST INDONESIA INNOVATIONS 2008. Melihat kemajuan teknologi batik yang ditemukan melalui persamaan matematika, besar kemungkinan Indonesia untuk dapat menjadi Negara yang lebih maju secara iptek, ekonomi dan budaya.

Pada akhir acara, diumumkan pemenang Lomba Matematika Nasional Tingkat SLTA, yaitu : Juara I Vicky Chandra dari SMA Xaverius 1 Jambi, Juara II Gharta Hadisa Halim dari SMA 1 Balikpapan, dan Juara III Setiawan dari SMA 1 Tarakan, sementara untuk Lomba Pemodelan Matematika Nasional Tingkat SMA, dimenangkan oleh tim dari SMA 1 Cilegon. Para pemenang berhak mendapatkan piala, sertifikat dan beasiswa untuk kuliah di ITB selama empat tahun.