Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

28 August 2014
Current weather
23.3 C
Humidity:87 %

klik untuk memperbesarBANDUNG, itb.ac.id - Pada tanggal 19–23 Juni 2008, delegasi Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon I/ITB (Menwa Yon-I/ITB) melawat ke Malaysia dalam rangka kunjungan balasan ke Pasukan Latih Pegawai Simpanan Universiti Malaya (PALAPES UM).

PALAPES adalah organisasi perwira cadangan yang ekivalen dengan Menwa di Indonesia. Pada Desember 2007 lalu, delegasi PALAPES UM telah terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Menwa Yon-I/ITB.

Delegasi Menwa Yon-I/ITB terdiri dari 3 anggota aktif yaitu Enrico Aryyaguna (PN'04), Kenny Enrich (IF'04), dan Reni Novyianti (MT'06). Mereka didampingi oleh Dr. Wahyudi W. Parnadi dari Kelompok Keahlian Ilmu dan Teknik Geofisika selaku Pembina Menwa, serta Dr. Iftikar Sutalaksana mewakili Corps Menwa ITB
Agenda utama kunjungan adalah menghadiri “Istiadat Pentauliahan Di Raja Pegawai Kadet”, Upacara Pelantikan Diraja Perwira Kadet, yang melantik sekitar 1500 orang perwira kadet PALAPES dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri se-Malaysia, pada Sabtu, 21 Juni 2008.

Secara tradisi, pelantikan dilakukan oleh Yang Dipertuan Agung, namun tahun ini diwakili oleh Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan Darul Khusus (Sultan/pemimpin dari Negeri Sembilan). Para kadet dilantik setelah menjalani pendidikan dan pelatihan selama 3 tahun.

Berbeda dengan pembinaan Menwa di Indonesia yang semenjak tahun 2000 hanya dibina oleh PERTI (perguruan tinggi) masing-masing, PALAPES di Malaysia dibina oleh PERTI tempat satuan PALAPES bernaung dan juga Departemen Pertahanan sebagai penyedia perlengkapan, peralatan, dan pelatihan kemiliteran. Dalam struktur komando setiap unit PALAPES, Naib Canselor (Rektor) bertindak selaku Komandan PALAPES, sementara Wakil Komandan selaku pengatur kegiatan harian dijabat oleh dosen dari PERTI tersebut, dimana dosen tersebut juga merupakan lulusan PALAPES. PALAPES juga merupakan suatu Pusat Tanggung Jawab sendiri dan tidak berada di bawah HEPA - wakil rektor kemahasiswaan-.

Sebagai bagian dari universitas tertua di Malaysia (berdiri 1905), PALAPES Universiti Malaya memperoleh dana pembinaan tahunan dari pemerintah sebesar 7,5 milyar rupiah, dengan sekitar 1,7 milyar rupiah dari Universitas itu sendiri.

Program padat lima hari hasil rancangan panitia dari PALAPES Universiti Malaya memberikan banyak manfaat bagi keberadaan dan pengembangan Menwa Yon-I/ITB sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa bidang Kepemimpinan/Pendidikan, dan sebagai wadah Bela negara. Beberapa manfaat tersebut antara lain: pengetahuan mengenai perancangan dan implementasi program PALAPES sebagai wadah pelatihan dan pembinaan kepemimpinan berwawasan kebangsaan, pengintegrasian sipil dan militer sebagai sistem efektif (Total Defence) dalam program Bela Negara, serta realisasi Universiti Malaya dalam membentuk warganegara yang sempurna, berdisiplin, serta terlatih dalam pertahanan dan ketahanan nasional.