Logo

Fasilitas

Institut Teknologi Bandung

24 April 2014
Current weather
22.2 C
Humidity:96 %

Daftar Fasilitas

ASRAMA MAHASISWA

ITB menyediakan bangunan tinggal untuk mahasiswa putra dan putri berupa asrama. Penghuni asrama tahun 2004 berjumlah 253 penghuni yang terdiri dari 193 penghuni putra dan 60 penghuni putri. Izin tinggal di asrama pada dasarnya berlaku untuk satu tahun dan dapat diperpanjang jika memenuhi persyaratan.

PUSAT PELAYANAN KESEHATAN

Pusat Pelayanan Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan berupa: Klinik Umum, Klinik Gigi, KB, ECG, Foto thorax/tulang, THT, Psikiater, Internist, Dokter Mata, Dokter Anak, Pemeriksaan Laboratorium, Depot Obat dan P3K.

BIMBINGAN DAN KONSELING

Bimbingan dan Konseling adalah tempat para mahasiswa meminta bimbingan dalam mengatasi masalah non akademis/non teknis. Bimbingan dan Konseling didukung oleh psikolog dan beberapa staf pengajar yang telah memperoleh sertifikat sebagai konselor.

FASILITAS TEKNOLOGI INFORMASI

Untuk dapat menunjang kampus modern, ITB memberikan layanan kebutuhan jaringan komunikasi (internet) 24 jam sehari sepanjang tahun. Pengguna internet untuk tahun 2004 sebanyak 11.765 user, terdiri dari 1.117 dosen, 9.060 mahasiswa, 1.126 pegawai, 438 peneliti dan 24 tamu. Dengan “band width” 9 (sembilan) mbps. Jumlah e-mail keluar/masuk ITB setiap hari adalah sekitar 1,5 juta e-mail.

GEDUNG SASANA BUDAYA GANESA (SBG)

Sasana Budaya Ganesa merupakan pusat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta menjembatani kegiatan akademik yang dilengkapi dengan fasilitas modern, menampung berbagai kegiatan, termasuk konferensi, simposium, seminar, ceramah, pameran, serta pagelaran musik dan tari. Fasilitas terdiri dari Balairung untuk 4000 orang, Ruang Audio Visual, Restoran, Ruang Pertemuan, Galeri IPTEKS, Ruang Pamer, Ruang Perkantoran, Perpustakaan Buku Langka, Sanggar Produksi AV, Ruang Lelang, Taman panyawangan, dan lain-lain.

HOTEL SAWUNGGALING

Hotel Sawunggaling 21 kamar, 2 meeting room, kafe dacosta, beauty SPA,GAllery GAnesha, Art corner, Bookstore, travel service. terbuka untuk civitas akademika dan umum.

KANTIN

Kantin yang ada tersebar dilingkungan ITB berjumlah 4 unit yaitu: 1 unit dikelola oleh Borju, 1 unit dikelola Yayasan Barrac, 1 unit dikelola Kokesma, dan 1 unit dikelola oleh Yayasan Salman.

OLAH RAGA

Fasilitas Olahraga ITB terdiri dari: Kolam Olimpik, Kolam Renang Pemula dan Kolam Renang Loncat Indah; Lapangan Sepakbola; Trek Atletik; Lapangan Bola Basket; Lapangan Bola Voli; dan Lapangan Tenis. Fasilitas olahraga digunakan terutama untuk program kegiatan kurikuler, yaitu perkuliahan Olahraga Mahasiswa TPB ITB selama 2 semester dalam tiap tahunnya. Selain itu fasilitas tersebut juga dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan lain, seperti: Sekolah Sepakbola, Kursus Tenis, Jogging Klub, Kursus Renang, Penyemaian Rumput, Fitness Center dan program lainnya.

PENERBIT

Penerbit ITB merupakan auxiliary business yang bergerak dibidang percetakan dan penerbitan buku atau literatur. Unit ini memberikan dukungan program akademik seperti pemberian kesempatan kepada pengajar ITB untuk menerbitkan buku panduan setiap mata kuliah, penerbitan buku-buku literatur hasil karya staf pengajar khususnya ITB, serta penerbitan literatur asing dalam versi bahasa Indonesia.

  • ITB | Daftar Fasilitas